Organization Feature : WHO Indonesia


Semenjak berdirinya pada 7 April 1948, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah organisasi yang terdiri dari 194 negara anggota. Sementara WHO memberikan panduan tentang masalah kesehatan global, negara-negara anggotalah yang memutuskan kebijakan global untuk menangani masalah kesehatan global melalui mekanisme pertemuan tahunan.

Melalui kantor kantor di berbagai negara, WHO memberikan dukungan teknis kepada pemerintah negara negara anggota. Selain itu, dukungan juga diberikan oleh 6 kantor regional dan kantor pusat WHO. Secara independen, Indonesia memilih untuk berada di ruang lingkup Kawasan Asia Tenggara dengan 10 negara lain termasuk Thailand dan India ketika bergabung dengan WHO pada 23 Mei 1950.

Ada banyak ruang untuk pengembangan peningkatan kesehatan di Indonesia yang bisa berkolaborasi dengan WHO. Indonesia memiliki populasi terbesar ke-4 yang tinggal di kepulauan terbesar di dunia. 240 juta penduduknya mendiami beberapa dari 17.000 pulau dengan kontur geografis yang kaya yang berada di lingkaran vulkanik paling aktif di dunia.

Saat ini, kolaborasi antara Kantor Negara WHO untuk Indonesia (WHO Indonesia) dengan Pemerintah Indonesia, diwakili terutama oleh Kementerian Kesehatan, mencakup 5 kategori (penyakit menular dan tidak menular, mempromosikan cara hidup sehat, pengembangan kesehatan sistem khususnya pada kebijakan, dan kesiapsiagaan, pengawasan dan tanggapan).

Area fokus khusus adalah pengendalian tuberkulosis, HIV / AIDS, malaria, penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, kesehatan mental, pencegahan kecelakaan, nutrisi dan pencegahan penyakit tidak menular. Bidang kolaborasi lainnya termasuk mengembangkan kualitas perawatan ibu dan anak, penuaan yang sehat, keamanan makanan, sumber daya manusia, obat-obatan, informasi sistem kesehatan, peraturan kesehatan internasional, epidemi, penyakit pandemi dan respons darurat.

Pada 1 Januari 2014 Indonesia meluncurkan program asuransi kesehatan nasional yang disebut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan Universal Health Coverage (UHC) yang adalah salah satu fokus yang didukung WHO, Kantor Perwakilan WHO mendukung Indonesia untuk mencapai cakupan populasi penuh pada tahun 2019.

Memahami bagaimana kesehatan selalu terjalin dengan sektor lain, WHO juga bekerja sama dengan mitra lain. Dalam sistem PBB, WHO bekerja dengan badan-badan PBB lainnya melalui United Nations Partnership for Development Framework (UNPDF).
Di luar kerangka PBB sendiri, WHO bekerja sama atau berkolaborasi dengan lembaga lembaga lokal atau internasional yang visi maupun misinya sejajar dengan apa yang digaris-besarkan oleh WHO.

Untuk info lanjut mengenai WHO Indonesia, klik tautan berikut : WHO INDONESIA.