Harm Reduction International Conference 2019


Konferensi HR19 yang berlangsung di Porto, Portugal tanggal 28 April – 1 Mei 2019 telah berakhir. Namun upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap fisik maupun sosial sebagai konsekuensi penggunaan obat terlarang belum selesai.

Kali ini, perwakilan Yayasan Koalisi Satu Hati, Claudius Mone Ie dan Yudha Wahid, ikut serta dalam konferensi ini dengan membawa aspirasi melalui abstrak yang dipresentasikan sebagai wakil dari Indonesia sekaligus menjadi duta untuk menambah pengalaman dan wawasan Yayasan Koalisi Satu Hati.

Claudius dan Yudha masing masing membawakan presentasi mengenai dampak komunitas terhadap pengobatan Hepatitis C dan aspek aspek hukum penggunaan obat terlarang di Indonesia.
Walaupun ini adalah presentasi pertama mereka di ajang Internasional, namun mereka berhasil mencuri perhatian konferensi ini dengan program utama Yayasan Koalisi Satu Hati 2019 untuk pengobatan Hepatitis C bagi 17.000 narapidana di 6 Lapas daerah DKI Jakarta.

Dengan mengikuti event ini, kami berharap suara kami terdengar lebih lagi baik di Indonesia maupun Internasional untuk mewujudkan cita dan tujuan Yayasan Koalisi Satu Hati.Klik disini untuk melihat foto kegiatan di HR19 Porto, Portugal


Berikut summary 26th Harm Reduction International Conference HRI19 Porto, Portugal 2019 dari Yayasan Koalisi Satu Hati


Opening Ceremony yang disampaikan oleh:

Naomi Burke-Shyne sebagai Executive Director Harm Reduction Internationa

Tema : People Before Politic, dimana banyak negara bebicara dan komitmen melalui prioritas kesehatan, kehidupan yang bermartabat dan lebih baik, atas ideology politik negara.

Dalam issue ini juga di bahas masih tentang Ten by Twenty yaitu dimana diharapkan di tahun 2020, dari 10% biaya pemberantasan narkotika dapat di berikan ke program Harm Reduction atau bagi pengguna napza.

Kegiatan Acara : 28 mei s/d 2 juni, di Alfandega Conference Hall Porto, Portugal.

Delegate; dari 1200 peserta dan 500 delegasi dari seluruh dunia

Sesi Oral Presentasi ; CHALLENGING INJUSTICE: LEGAL AID EXPERIENCES AROUND THE WORLD.

Chair by, Gaida Girelli.

Dalam sesi panel ini bersama dengan; Mary Cattherine Alvarezs Del Rosario From Street law Philipine, Albert Wirya dari LBHM Indonesia, Yudha Wahid dari Koalisi Satu Hati, Abdalla Badhrus MEWA, KENYA.
Diantara sesi lainnya, COMMUNITY BASE PROVION OF HEPATITIS TESTING AND TREATMENT, CIVIL SOCIETY PUSHING FOR REFORM, REACHING COMMUNITY IMPACTED BY CONFLICT AND CRISIS, THE KIDS ARE ALRIGHT: HARM REDUCTION FOR YOUTH

Supporting Organisation : CASO, ARS NORTE, RECI, INPUD, EuroNPUD, Harm Reduction, Coalition, INSU, IDPC